Identifikasi Kebutuhan Pasar Lokal


Identifikasi Kebutuhan Pasar Lokal

identifikasi kebutuhan pasar lokal

Daftar Isi

1. identifikasi kebutuhan pasar lokal


sayur sayuran , buah buahan dan kebutuhan rumah lain lainnya .

1. Kebutuhan: Tempat menyimpan bunga

Produk: Vas bunga

Sasaran pemasaran: Peralatan rumah tangga

2. Kebutuhan Tempat menyimpan baju

Produk: Lemari

Sasaran pemasaran: Peralatan rumah tangga

3. Kebutuhan: Sebagai alat/tempat untuk mematikan atau menghidupkan lampu

Produk: Stop kontak

Sasaran pemasaran: Toko bangunan


2. identifikasi kebutuhan pasar lokal ​


Jawaban:

Jawaban

4.0/5

277

theguardians1

Pakar

89 jawaban

41.5 rb orang terbantu

1. kebutuhan = tempat gantungan baju

produk = lemari

sasaran pemasaran = perlatan rumah tangga

2. kebutuhan = tempat menyimpan pensil dan penghapus

produk = tempat pensil

sasaran pemasaran = koprasi sekolah

3. kebutuhan = untuk mengelap kaki

produk = keset

sasaran pemasaran = peralatan rumah tangga

4. kebutuhan = tempat menyimpan unga

produk = vas bunga

sasaran pemasaran = peralatan rumah tangga

5. kebutuhan = tempat atau alat untuk menyalakan dan mematikan lampu

produk = stop kontak

sasran pemasan = toko bangunan

Penjelasan:


3. Identifikasi 5 kebutuhan yang Ada dipasar lokal


tempat ,barang yg mau dijual,alat alat pasar, barang dagang,dan pembeli

4. identifikasi kebutuhan pasar lokal yang ada disekitar kalian yang berkaitan dengan kerajinan?​


Penjelasan:

kebutuhan pasar lokal yang berkaitan dengan kerajinan

1. Kotak tissu yang terbuat dari kardus" bekas

2. Bunga yang terbuat dari pipet" bekas

3. Gantungan kunci, gelang, yang terbuat dari cangkang kerang

Jawaban:

tempat pensil : kardus

Penjelasan:

maaf kalo salah


5. kebutuhan pasar lokal


1.Sayuran-sayuran
2.Buah-buahan
3.makanan pokok


6. buatlah identifikasi kebutuhan pasar lokal dari kegemaran-kegemaran yang biasa disukai oleh para siswa SMP/SMA : contoh​


Jawaban:

ga tau ko tanya saya hahhhahahhahahahahha


7. Coba kalian amati wilayah sekitar kalian kemudian identifikasi produk kerajinan berdasarkan kebutuhan dan kerajinan pasar lokal.​


Jawaban:

pot dari botol plastik adalah produk kerajinan yanh mudah dibuat dan mudah dipasarkan


8. LK 2 identifikasi kebutuhan pasar lokal


Jawaban:

identifikasi kebutuhan pasar lokal yaitu:

Kebutuhan akan makanan maka yang dijual adalah bahan makanan seperti smebako.Kebutuhan akan pakaian, maka yang dijual adalah bajuKebutuhan akan alat komunikasi, maka yang dijual adalah handphone.

Penjelasan:

Kebutuhan pasar adalah kebutuhan yang diminta oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya, kebutuhan ini dapat berupa kebutuhan primer, kebutuhan sekunder atau kebutuhan tersier.

Pelajari lebih lanjut  

Materi tentang identifikasi kebutuhan pasar lokal brainly.co.id/tugas/16944819

#BelajarBersamaBrainly


9. Tugas 2 (kelompok)identifikasi kebutuhan pasar lokalamati lingkungan anda (suhu udara, adat kebiasaan, kegiatan dan lain-lain). kebutuhan apa saja yang dapat dipenuhi oleh produk kerajinan?identifikasi sebanyak-banyaknya kebutuhan yang ada di pasar lokal.diskusikan dengan teman andaidentifikasi kebutuhan, produk yang sudah ada maupun ide untuk produkyang belum ada serta pasar sasarannya, tuliskan pada lk 2mohon di jwb kakak abg​


Pertanyaan:

Tugas 2 (kelompok)

identifikasi kebutuhan pasar lokal

amati lingkungan anda (suhu udara, adat kebiasaan, kegiatan dan lain-

lain). kebutuhan apa saja yang dapat dipenuhi oleh produk kerajinan?

identifikasi sebanyak-banyaknya kebutuhan yang ada di pasar lokal.

diskusikan dengan teman anda

identifikasi kebutuhan, produk yang sudah ada maupun ide untuk produk

yang belum ada serta pasar sasarannya, tuliskan pada lk 2

Jawaban:

Karena ini adalah tugas praktek, maka akan dibuat paparan dalam 2 bagian, yaitu Kerangka Rencana Tindakan dan Hasil praktek yang dilakukan berdasarkan kondisi yang telah dijalankan.

A. Kerangka Rencana Tindakan

A.1. Pemahaman atas Maksud dan Tujuan

Dari deskripsi di atas, ada permintaan untuk melakukan studi kelayakan sederhana untuk sebuah usaha produksi dan pemasaran produk kerajinan.

A.2. Langkah yang harus dilakukan adalah:

a.2.1. Melakukan Pengamatan

melakukan pengamatan terhadap kebiasaan dan kegiatan masyarakat di sekeliling beserta pola rutinitasnya.

a.2.2. Melakukan Analisis dan identifikasi kebutuhan sederhana

melakukan identifikasi kebutuhan (baik jasa layanan maupun produk) masyarakat terkait dengan kebiasan, kegiatan maupun rutinitas masyarakat. Misalnya: masyarakat

a.2.3. Membuat daftar potensi dan peluang usaha kerajinan berdasarkan data hasil pengamatan dan Identifikasi  

B. Hasil Praktek Pengamatan dan Identifikasi Kebutuhan

B.1. Lokasi Praktek

Sebuah pasar pagi di kampung yang ada di pinggiran kota besar tempat para petani menjual produk pertaniannya pada para pedagang baik pedagang lokal maupun pedagang dari luar kota.

B.2. Hasil Pengamatan

b.2.1 Kampung berada di pinggiran kota berhawa sejuk. Terutama saat musim hujan.

b.2.2.Beragam produk yang dipasarkan meliputi: beras ladang, sayur mayur, buah-buahan dan ikan hasil tambak.

b.2.3. Petani biasa mulai berdatangan pada pukul 2-3 pagi saat udara masih sangat dingin. Dan para pembeli yang mayoritas pedagang luar kota mulai berdatangan mulai pukul 3-6 pagi. Sedangkan pembeli lokal dan rumah tangga biasanya mulai datang pukul 6-10 pagi.

b.2.4. Para petani dan pedagang lebih banyak wanita dari pria.

b.2.5. Mereka yang datang di pagi hari selalu mengenakan jaket untuk menahan hawa dingin.

b.2.6. Sejak pandemi covid19, masyarakat beraktivitas menggunakan masker

B.3. Analisis dan identifikasi kebutuhan sederhana

Dari pengamatan dapat dianalisis dan didentifikasi kebutuhan masyarakat tersebut sebagai berikut:

b.3.1. Para petani yang menjual produk dan pedagang/pembeli mulai rentang jam 2 - 6 pagi membutuhkan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh.

b.3.2. Para petani dan pedang/pembeli membutuhkan masker untuk melindungi diri mereka dari paparan pandemi Covid19 saat bertransaski.

B.4. Potensi dan Peluang Usaha yang ada

Berdasarkan kondisi dan hasil analisis di atas maka potensi dan peluang usaha yang layak untuk dijalankan adalah:

b.4.1. Usaha Kerajinan Produk Baju Hangat/Sweater Wanita dan Pria

b.4.2. Usaha Kerajinan Produk Jas Hujan

b.4.3. Usaha Kerajinan Produk Topi dan Penutup Kepala

b.4.4. Usaha Kerajinan Produk Sarung Tangan

b.4.5. Usaha Kerajinan Masker Kain

Dari hasil identifikasi dan pengamatan, semua produk merupakan hasil impor dari luar daerah kecuali produk masker kain sudah ada yang memproduksinya di kampung tersebut.

Kesimpulan  

Dari pengamatan dan Identifikasi kebutuhan pasar lokal yang telah dilakukan dapat dipetakan produk produk yang sesuai dengan sasaran pemasaran per tiap produk tersebut.

Pelajari lebih lanjut  

1.  Sebutkan 10 contoh identifikasi pasar lokal https://brainly.co.id/tugas/18010336

2. Materi tentang identifikasi kebutuhan pasar lokal brainly.co.id/tugas/16944819

3. Materi tentang identifikasi kebutuhan pasar lokal brainly.co.id/tugas/16497849

4. Materi tentang kebutuhan pasar lokal yang bisa diamati brainly.co.id/tugas/17845511

-----------------------------  

Detil Jawaban

Kelas :  9

Mapel :  wirausaha

Bab :  identifikasi kebutuhan pasar lokal

Kata Kunci: identifikasi kebutuhan pasar lokal

Tag: #BelajarBersamaBrainly


10. Tugas 2 (kelompok)identifikasi kebutuhan pasar lokalamati lingkungan anda (suhu udara, adat kebiasaan, kegiatan, dan lain-lain). kebutuhan apa saja yang dapat dipenuhi oleh produk kerajinan?identifikasi sebanyak-banyaknya kebutuhan yang ada di pasar lokal.diskusikan dengan teman anda.identifikasi kebutuhan, produk yang sudah ada maupun ide untuk produkyang belum ada, serta pasar sasarannya, tuliskan pada lk2.lk 2. identifikasi kebutuhan pasar lokalno.kebutuhanproduk/idepasar sasarantas khusus bulu tangkis(contoh)siswa ekskul bulu tangkis(contoh)alat bawa raket bulutangkis (contoh)penyimpanan alas kaki(contoh)2.rak gantung (contoh)rumah tangga (contoh)3.dst.​


Jawaban:

Tugas 2 (kelompok)

identifikasi kebutuhan pasar lokal

amati lingkungan anda (suhu udara, adat kebiasaan, kegiatan, dan lain-

lain). kebutuhan apa saja yang dapat dipenuhi oleh produk kerajinan?

identifikasi sebanyak-banyaknya kebutuhan yang ada di pasar lokal.

diskusikan dengan teman anda.

identifikasi kebutuhan, produk yang sudah ada maupun ide untuk produk

yang belum ada, serta pasar sasarannya, tuliskan pada lk2.

lk 2. identifikasi kebutuhan pasar lokal

no.

kebutuhan

produk/ide

pasar sasaran

tas khusus bulu tangkis

(contoh)

siswa ekskul bulu tangkis

(contoh)

alat bawa raket bulu

tangkis (contoh)

penyimpanan alas kaki

(contoh)

2.

rak gantung (contoh)

rumah tangga (contoh)

3.

dst.

Penjelasan:

capek kali aku nulis


11. Coba kalian amati wilayah sekitar kalian kemudian identifikasi produk kerajinan berdasarkan kebutuhan dan kerajinan pasar lokal. ​.


Berdasarkan kebutuhan dan kerajinanpasarlokal, berikut adalah hasilidentifikasi terhadap produk kerajinan yang ada di wilayah sekitar:

Batik: kerajinan tekstil yang digunakan untuk produk fesyen.Kipas bambu: kerajinan yang terbuat dari serat bambu dan digunakan untuk menjaga suhu agar tetap sejuk.Kursi rotan: kerajinan yang terbuat dari serat rotan dan digunakan untuk duduk.

Pembahasan

Kerajinan adalah karya seni yang dibuat dengan mengandalkan keterampilan tangan. Kerajinan juga menjadi produk yang sangat umum ada di Indonesia. Dengan adanya keragaman budaya di Indonesia, para pengrajin bisa mendapatkan inspirasi desain dari benda budaya yang ada di sekitar kita. Hal ini juga membuat kita bisa menemukan kerajinan dengan bentuk yang berbeda-beda pada masing-masing wilayah di Indonesia.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang contoh budaya benda dan non benda https://brainly.co.id/tugas/11453463

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1


12. coba kalian amati wilayah sekitar kalian kemudian identifikasi produk kerajinan berdasarkan kebutuhan dan kerajinan pasar lokal !


Berdasarkan pada hasil pengamatan saya, berikut identifikasi produk kerajinan berdasarkan kebutuhan dan kerajinan pada pasar lokal:

Kerajinan berupa keranjang dari anyaman bambu. Jenis kerajinan termasuk kebutuhan dan bukan keinginan karena dampak yang diinginkan masyarakat adalah manfaat. Sasaran produk ini adalah pasar lokal.Kerajinan berupa gerabah dalam wujud kendi, piring, bejana dan gelas. Jenis kerajinan termasuk kebutuhan dan bukan keinginan karena dampak yang diinginkan masyarakat adalah manfaat. Sasaran produk ini adalah pasar lokal utamanya di pedesaan yang masih menggemari alat makan dari gerabah.Kerajinan berupa tempat sampah yang dianyam dari bahan plastik daur ulang. Jenis kerajinan termasuk kebutuhan dan bukan keinginan karena dampak yang diinginkan masyarakat adalah manfaat. Sasaran produk ini adalah pasar lokal.

Dan lain sebagainya.

» Pembahasan

Kerajinan selain dibedakan dari manfaatnya juga bisa dibedakan dari tujuan pemenuhannya. Tujuan pemenuhan ini sendiri terbagi dua yakni untuk kebutuhan atau untuk keinginan. Berikut penjelasan karakter keduanya:

KEBUTUHAN, kerajinan pada kategori ini sifatnya perlu, objektif dan cenderung mengikat. Dampak yang diinginkan mereka yang membelinya adalah manfaat nyata dalam keseharian. Adapun tolak ukuranya adalah FUNGSI.KEINGINAN, kerajinan pada kategori ini sifatnya subjektif dan tak harus diadakan. Dampak yang diinginkan mereka yang membelinya adalah kepuasan. Adapun tolak ukuranya adalah SELERA.» Pelajari Lebih LanjutMateri tentang apa yang dimaksud dengan kerajinan https://brainly.co.id/tugas/553308Materi tentang apa yang dimaksud dengan produk kerajinan https://brainly.co.id/tugas/354735Materi tentang jenis-jenis dan fungsi kerajinan https://brainly.co.id/tugas/582190

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

» Detail Jawaban

Kelas      : 3 SMA

Mapel    : Prakarya dan Kewirausahaan

Bab        : Ide dan Peluang Usaha dalam Bidang Kerajinan

Kode      : -

#TingkatkanPrestasimu


13. Amati lingkungan anda suhu udara adat kebiasaan kegiatan dan lain lain kebutuhan apa saja yang dapat di penuhi oleh produk kerajinan identifikasi sebanyak banyaknya kebutuhan yang ada di pasar lokal


kipas dari anyaman bambu,capil,atap rumah dari daun jarak,syal rajut,sarung tangan dari benang wol,dll


14. Identifikasi produk kerajinan berdasarkan kebutuhan dan kerajinan pasar lokal !


Jawaban:

pendahuluan dalam pengertian sempit pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli

Penjelasan:

semoga membantu


15. sebutkan 10 identifikasi kebutuhan pasar lokal


1.kebutuhan= tempat gantungan baju
produk=lemari
sasaran pemasaran=peralatan rumah tangga

16. Sebutkan 10 contoh identifikasi kebutuhan pasar lokal


Sebutkan 10 contoh identifikasi kebutuhan pasar lokal!

Jawaban  

Pendahuluan

Dalam pengertian sempit, Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi jual-beli barang atau jasa. Kebutuhan pasar lokal adalah permintaan dari pasar di suatu daerah tertentu. Identifikasi kebutuhan ini adalah

Pembahasan

Contoh identifikasi kebutuhan pasar lokal adalah:

1. Berdasarkan kebutuhan pasar lokal : Tempat menyimpan bunga, maka produk yang bisa dibuat ialah vas bunga dengan sasaran pemasaran peralatan rumah tangga

2. Berdasarkan kebutuhan tempat menyimpan baju, maka produk: Lemari dengan sasaran pemasaran: peralatan rumah tangga

3. Berdasarkan kebutuhan alat/tempat untuk mematikan atau menghidupkan lampu, maka produknya adalah stop kontak dengan sasaran pemasaran dijual di toko bangunan

4. Berdasarkan kebutuhan tempat makan, maka produknya adalah plastik kotak makanan dengan sasaran pemasaran dijual di pasar

5. Berdasarkan kebutuhan makanan kucing, maka produknya adalah pakan kucing dengan sasaran pemasaran dijual di toko hewan

6. Berdasarkan kebutuhan alat tulis, maka produknya adalah pulpen, penggaris sasaran pemasaran dijual di toko alat kantor

7. Berdasarkan kebutuhan baju muslim di hari raya maka produknya adalah gamis yang sedang trend pada saat itu, dengan sasaran pemasaran dijual di toko pakaian tanah abang

8. Berdasarkan kebutuhan alat untuk mengambil sesuatu yang tinggi maka produknya adalah tangga portabel, dengan sasaran pemasaran dijual di toko bangunan

9. Berdasarkan kebutuhan alat/tempat untuk membersihkan lantai maka produknya adalah pel dengan tangkai yang bisa dilipat dengan sasaran pemasaran dijual di toko peralatan rumah tangga

10. Berdasarkan kebutuhan alat/tempat untuk membawa bawaan saat bepergian, maka produknya adalah koper dengan sasaran pemasaran dijual di toko tas


Kesimpulan  

Identifikasi kebutuhan pasar lokal diatas penting untuk memetakan produk apa saja yang sesuai beserta apa sasaran pemasarannya


Pelajari lebih lanjut  

1. Materi tentang identifikasi kebutuhan pasar lokal https://brainly.co.id/tugas/16944819

2. Materi tentang identifikasi kebutuhan pasar lokal https://brainly.co.id/tugas/16497849

3. Materi tentang kebutuhan pasar lokal yang bisa diamati https://brainly.co.id/tugas/17845511

-----------------------------

Detil Jawaban

Kelas :  9

Mapel :  wirausaha

Bab :  identifikasi kebutuhan pasar lokal

Kata Kunci: identifikasi kebutuhan pasar lokal


17. Sebutkan 20 contoh identifikasi kebutuhan pasar lokal


9wjdnxkwoqiqhwmpd9cuehwmldocurbemwlco ichbc fmkoijjabnhhdkkw


18. contoh identifikasi kebutuhan pasar lokal


Jawaban:

1. Berdasarkan kebutuhan pasar lokal : Tempat menyimpan bunga, maka produk yang bisa dibuat ialah vas bunga dengan sasaran pemasaran peralatan rumah tangga

2. Berdasarkan kebutuhan tempat menyimpan baju, maka produk: Lemari dengan sasaran pemasaran: peralatan rumah tangga

3. Berdasarkan kebutuhan alat/tempat untuk mematikan atau menghidupkan lampu, maka produknya adalah stop kontak dengan sasaran pemasaran dijual di toko bangunan

4. Berdasarkan kebutuhan tempat makan, maka produknya adalah plastik kotak makanan dengan sasaran pemasaran dijual di pasar

5. Berdasarkan kebutuhan makanan kucing, maka produknya adalah pakan kucing dengan sasaran pemasaran dijual di toko hewan

6. Berdasarkan kebutuhan alat tulis, maka

produknya adalah pulpen, penggaris sasaran pemasaran dijual di toko alat kantor

7. Berdasarkan kebutuhan baju muslim di hari raya maka produknya adalah gamis yang

sedang trend pada saat itu, dengan sasaran

pemasaran dijual di toko pakaian tanah abang

8. Berdasarkan kebutuhan alat untuk mengambil sesuatu yang tinggi maka produknya adalah tangga portabel, dengan sasaran pemasaran dijual di toko bangunan

9. Berdasarkan kebutuhan alat/tempat untuk membersihkan lantai maka produknya adalah pel dengan tangkai yang bisa dilipat dengan sasaran pemasaran dijual di toko peralatan rumah tangga

10. Berdasarkan kebutuhan alat/tempat untuk membawa bawaan saat bepergian, maka produknya adalah koper dengan sasaran pemasaran dijual di toko tas


19. kebutuhan pasar lokal


Berikut adalah beberapa contoh dari kerajinan yang bisa kita buat berdasarkan kebutuhan pasar lokal:

Penyimpanan bunga: ide produk yang bisa kita buat adalah vas bunga dan pasar sasaran dari produk ini adalah rumah tangga.Tas belanja: ide produk yang bisa kita buat adalah tas rotan dan pasar sasaran dari produk ini adalah ibu-ibu yang berbelanja ke pasar.Bingkai foto: ide produk yang bisa kita buat adalah pigura dan pasar sasaran dari produk ini adalah rumah tangga.

Pembahasan

Kerajinan adalah salah satu bentuk dari karya seni rupa terapan yang dibuat dengan menggunakan keterampilan tangan dan juga keahlian tangan yang dimiliki oleh pengrajin. Kerajinan juga bisa menjadi salah satu produk yang kita jadikan sebagai produk untuk diperjualbelikan sehingga bisa mendatangkan keuntungan ekonomi. Untuk bisa menciptakan kerajinan yang tepat, kita harus mengetahui kebutuhan dan juga keinginan yang ada pada pasar. Setelah mengetahui keinginan dan juga kebutuhan yang ada pada pasar, kita bisa menciptakan kerajinan yang spesifik di mana para konsumen bisa menggunakan kerajinan tersebut untuk memenuhi kebutuhan dan juga keinginan hidupnya. Selain itu, desain dari kerajinan juga harus kita sesuaikan dengan pasar sasaran yang kita ingin incar dari perusahaan kita.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang contoh budaya benda dan non benda https://brainly.co.id/tugas/11453463Materi tentang administrasi usaha kerajinan https://brainly.co.id/tugas/42007821Materi tentang penyusunan usaha kerajinan https://brainly.co.id/tugas/16019579

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: Wirausaha

Bab: -

Kode: 7.23

#AyoBelajar #SPJ2 


20. identifikasi pasar lokal minimal 10


pasar malangnbong
pasar lewo
pasar limbangan
pasar ciawi
pasar wado
pasas ciamis
pasar karang anyar
pasar pasar baru
pasar minggu
pasar senin
pasar rabu

Video Terkait


Posting Komentar

0 Komentar