identifikasi kebutuhan pasar lokal
1. identifikasi kebutuhan pasar lokal
sayur sayuran , buah buahan dan kebutuhan rumah lain lainnya .
1. Kebutuhan: Tempat menyimpan bunga
Produk: Vas bunga
Sasaran pemasaran: Peralatan rumah tangga
2. Kebutuhan Tempat menyimpan baju
Produk: Lemari
Sasaran pemasaran: Peralatan rumah tangga
3. Kebutuhan: Sebagai alat/tempat untuk mematikan atau menghidupkan lampu
Produk: Stop kontak
Sasaran pemasaran: Toko bangunan
2. identifikasi kebutuhan pasar lokal
Jawaban:
Jawaban
4.0/5
277
theguardians1
Pakar
89 jawaban
41.5 rb orang terbantu
1. kebutuhan = tempat gantungan baju
produk = lemari
sasaran pemasaran = perlatan rumah tangga
2. kebutuhan = tempat menyimpan pensil dan penghapus
produk = tempat pensil
sasaran pemasaran = koprasi sekolah
3. kebutuhan = untuk mengelap kaki
produk = keset
sasaran pemasaran = peralatan rumah tangga
4. kebutuhan = tempat menyimpan unga
produk = vas bunga
sasaran pemasaran = peralatan rumah tangga
5. kebutuhan = tempat atau alat untuk menyalakan dan mematikan lampu
produk = stop kontak
sasran pemasan = toko bangunan
Penjelasan:
3. Identifikasi 5 kebutuhan yang Ada dipasar lokal
tempat ,barang yg mau dijual,alat alat pasar, barang dagang,dan pembeli
4. identifikasi kebutuhan pasar lokal yang ada disekitar kalian yang berkaitan dengan kerajinan?
Penjelasan:
kebutuhan pasar lokal yang berkaitan dengan kerajinan
1. Kotak tissu yang terbuat dari kardus" bekas
2. Bunga yang terbuat dari pipet" bekas
3. Gantungan kunci, gelang, yang terbuat dari cangkang kerang
Jawaban:
tempat pensil : kardus
Penjelasan:
maaf kalo salah
5. kebutuhan pasar lokal
1.Sayuran-sayuran
2.Buah-buahan
3.makanan pokok
6. buatlah identifikasi kebutuhan pasar lokal dari kegemaran-kegemaran yang biasa disukai oleh para siswa SMP/SMA : contoh
Jawaban:
ga tau ko tanya saya hahhhahahhahahahahha
7. Coba kalian amati wilayah sekitar kalian kemudian identifikasi produk kerajinan berdasarkan kebutuhan dan kerajinan pasar lokal.
Jawaban:
pot dari botol plastik adalah produk kerajinan yanh mudah dibuat dan mudah dipasarkan
8. LK 2 identifikasi kebutuhan pasar lokal
Jawaban:
identifikasi kebutuhan pasar lokal yaitu:
Kebutuhan akan makanan maka yang dijual adalah bahan makanan seperti smebako.Kebutuhan akan pakaian, maka yang dijual adalah bajuKebutuhan akan alat komunikasi, maka yang dijual adalah handphone.Penjelasan:
Kebutuhan pasar adalah kebutuhan yang diminta oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya, kebutuhan ini dapat berupa kebutuhan primer, kebutuhan sekunder atau kebutuhan tersier.
Pelajari lebih lanjutMateri tentang identifikasi kebutuhan pasar lokal brainly.co.id/tugas/16944819
#BelajarBersamaBrainly
9. Tugas 2 (kelompok)identifikasi kebutuhan pasar lokalamati lingkungan anda (suhu udara, adat kebiasaan, kegiatan dan lain-lain). kebutuhan apa saja yang dapat dipenuhi oleh produk kerajinan?identifikasi sebanyak-banyaknya kebutuhan yang ada di pasar lokal.diskusikan dengan teman andaidentifikasi kebutuhan, produk yang sudah ada maupun ide untuk produkyang belum ada serta pasar sasarannya, tuliskan pada lk 2mohon di jwb kakak abg
Pertanyaan:
Tugas 2 (kelompok)
identifikasi kebutuhan pasar lokal
amati lingkungan anda (suhu udara, adat kebiasaan, kegiatan dan lain-
lain). kebutuhan apa saja yang dapat dipenuhi oleh produk kerajinan?
identifikasi sebanyak-banyaknya kebutuhan yang ada di pasar lokal.
diskusikan dengan teman anda
identifikasi kebutuhan, produk yang sudah ada maupun ide untuk produk
yang belum ada serta pasar sasarannya, tuliskan pada lk 2
Jawaban:
Karena ini adalah tugas praktek, maka akan dibuat paparan dalam 2 bagian, yaitu Kerangka Rencana Tindakan dan Hasil praktek yang dilakukan berdasarkan kondisi yang telah dijalankan.
A. Kerangka Rencana Tindakan
A.1. Pemahaman atas Maksud dan Tujuan
Dari deskripsi di atas, ada permintaan untuk melakukan studi kelayakan sederhana untuk sebuah usaha produksi dan pemasaran produk kerajinan.
A.2. Langkah yang harus dilakukan adalah:
a.2.1. Melakukan Pengamatan
melakukan pengamatan terhadap kebiasaan dan kegiatan masyarakat di sekeliling beserta pola rutinitasnya.
a.2.2. Melakukan Analisis dan identifikasi kebutuhan sederhana
melakukan identifikasi kebutuhan (baik jasa layanan maupun produk) masyarakat terkait dengan kebiasan, kegiatan maupun rutinitas masyarakat. Misalnya: masyarakat
a.2.3. Membuat daftar potensi dan peluang usaha kerajinan berdasarkan data hasil pengamatan dan Identifikasi
B. Hasil Praktek Pengamatan dan Identifikasi Kebutuhan
B.1. Lokasi Praktek
Sebuah pasar pagi di kampung yang ada di pinggiran kota besar tempat para petani menjual produk pertaniannya pada para pedagang baik pedagang lokal maupun pedagang dari luar kota.
B.2. Hasil Pengamatan
b.2.1 Kampung berada di pinggiran kota berhawa sejuk. Terutama saat musim hujan.
b.2.2.Beragam produk yang dipasarkan meliputi: beras ladang, sayur mayur, buah-buahan dan ikan hasil tambak.
b.2.3. Petani biasa mulai berdatangan pada pukul 2-3 pagi saat udara masih sangat dingin. Dan para pembeli yang mayoritas pedagang luar kota mulai berdatangan mulai pukul 3-6 pagi. Sedangkan pembeli lokal dan rumah tangga biasanya mulai datang pukul 6-10 pagi.
b.2.4. Para petani dan pedagang lebih banyak wanita dari pria.
b.2.5. Mereka yang datang di pagi hari selalu mengenakan jaket untuk menahan hawa dingin.
b.2.6. Sejak pandemi covid19, masyarakat beraktivitas menggunakan masker
B.3. Analisis dan identifikasi kebutuhan sederhana
Dari pengamatan dapat dianalisis dan didentifikasi kebutuhan masyarakat tersebut sebagai berikut:
b.3.1. Para petani yang menjual produk dan pedagang/pembeli mulai rentang jam 2 - 6 pagi membutuhkan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh.
b.3.2. Para petani dan pedang/pembeli membutuhkan masker untuk melindungi diri mereka dari paparan pandemi Covid19 saat bertransaski.
B.4. Potensi dan Peluang Usaha yang ada
Berdasarkan kondisi dan hasil analisis di atas maka potensi dan peluang usaha yang layak untuk dijalankan adalah:
b.4.1. Usaha Kerajinan Produk Baju Hangat/Sweater Wanita dan Pria
b.4.2. Usaha Kerajinan Produk Jas Hujan
b.4.3. Usaha Kerajinan Produk Topi dan Penutup Kepala
b.4.4. Usaha Kerajinan Produk Sarung Tangan
b.4.5. Usaha Kerajinan Masker Kain
Dari hasil identifikasi dan pengamatan, semua produk merupakan hasil impor dari luar daerah kecuali produk masker kain sudah ada yang memproduksinya di kampung tersebut.
Kesimpulan
Dari pengamatan dan Identifikasi kebutuhan pasar lokal yang telah dilakukan dapat dipetakan produk produk yang sesuai dengan sasaran pemasaran per tiap produk tersebut.
Pelajari lebih lanjut
1. Sebutkan 10 contoh identifikasi pasar lokal https://brainly.co.id/tugas/18010336
2. Materi tentang identifikasi kebutuhan pasar lokal brainly.co.id/tugas/16944819
3. Materi tentang identifikasi kebutuhan pasar lokal brainly.co.id/tugas/16497849
4. Materi tentang kebutuhan pasar lokal yang bisa diamati brainly.co.id/tugas/17845511
-----------------------------
Detil Jawaban
Kelas : 9
Mapel : wirausaha
Bab : identifikasi kebutuhan pasar lokal
Kata Kunci: identifikasi kebutuhan pasar lokal
Tag: #BelajarBersamaBrainly
10. Tugas 2 (kelompok)identifikasi kebutuhan pasar lokalamati lingkungan anda (suhu udara, adat kebiasaan, kegiatan, dan lain-lain). kebutuhan apa saja yang dapat dipenuhi oleh produk kerajinan?identifikasi sebanyak-banyaknya kebutuhan yang ada di pasar lokal.diskusikan dengan teman anda.identifikasi kebutuhan, produk yang sudah ada maupun ide untuk produkyang belum ada, serta pasar sasarannya, tuliskan pada lk2.lk 2. identifikasi kebutuhan pasar lokalno.kebutuhanproduk/idepasar sasarantas khusus bulu tangkis(contoh)siswa ekskul bulu tangkis(contoh)alat bawa raket bulutangkis (contoh)penyimpanan alas kaki(contoh)2.rak gantung (contoh)rumah tangga (contoh)3.dst.
Jawaban:
Tugas 2 (kelompok)
identifikasi kebutuhan pasar lokal
amati lingkungan anda (suhu udara, adat kebiasaan, kegiatan, dan lain-
lain). kebutuhan apa saja yang dapat dipenuhi oleh produk kerajinan?
identifikasi sebanyak-banyaknya kebutuhan yang ada di pasar lokal.
diskusikan dengan teman anda.
identifikasi kebutuhan, produk yang sudah ada maupun ide untuk produk
yang belum ada, serta pasar sasarannya, tuliskan pada lk2.
lk 2. identifikasi kebutuhan pasar lokal
no.
kebutuhan
produk/ide
pasar sasaran
tas khusus bulu tangkis
(contoh)
siswa ekskul bulu tangkis
(contoh)
alat bawa raket bulu
tangkis (contoh)
penyimpanan alas kaki
(contoh)
2.
rak gantung (contoh)
rumah tangga (contoh)
3.
dst.
Penjelasan:
capek kali aku nulis
11. Coba kalian amati wilayah sekitar kalian kemudian identifikasi produk kerajinan berdasarkan kebutuhan dan kerajinan pasar lokal. .
Berdasarkan kebutuhan dan kerajinanpasarlokal, berikut adalah hasilidentifikasi terhadap produk kerajinan yang ada di wilayah sekitar:
Batik: kerajinan tekstil yang digunakan untuk produk fesyen.Kipas bambu: kerajinan yang terbuat dari serat bambu dan digunakan untuk menjaga suhu agar tetap sejuk.Kursi rotan: kerajinan yang terbuat dari serat rotan dan digunakan untuk duduk.PembahasanKerajinan adalah karya seni yang dibuat dengan mengandalkan keterampilan tangan. Kerajinan juga menjadi produk yang sangat umum ada di Indonesia. Dengan adanya keragaman budaya di Indonesia, para pengrajin bisa mendapatkan inspirasi desain dari benda budaya yang ada di sekitar kita. Hal ini juga membuat kita bisa menemukan kerajinan dengan bentuk yang berbeda-beda pada masing-masing wilayah di Indonesia.
Pelajari lebih lanjutMateri tentang contoh budaya benda dan non benda https://brainly.co.id/tugas/11453463
#BelajarBersamaBrainly #SPJ1
12. coba kalian amati wilayah sekitar kalian kemudian identifikasi produk kerajinan berdasarkan kebutuhan dan kerajinan pasar lokal !
Berdasarkan pada hasil pengamatan saya, berikut identifikasi produk kerajinan berdasarkan kebutuhan dan kerajinan pada pasar lokal:
Kerajinan berupa keranjang dari anyaman bambu. Jenis kerajinan termasuk kebutuhan dan bukan keinginan karena dampak yang diinginkan masyarakat adalah manfaat. Sasaran produk ini adalah pasar lokal.Kerajinan berupa gerabah dalam wujud kendi, piring, bejana dan gelas. Jenis kerajinan termasuk kebutuhan dan bukan keinginan karena dampak yang diinginkan masyarakat adalah manfaat. Sasaran produk ini adalah pasar lokal utamanya di pedesaan yang masih menggemari alat makan dari gerabah.Kerajinan berupa tempat sampah yang dianyam dari bahan plastik daur ulang. Jenis kerajinan termasuk kebutuhan dan bukan keinginan karena dampak yang diinginkan masyarakat adalah manfaat. Sasaran produk ini adalah pasar lokal.Dan lain sebagainya.
» PembahasanKerajinan selain dibedakan dari manfaatnya juga bisa dibedakan dari tujuan pemenuhannya. Tujuan pemenuhan ini sendiri terbagi dua yakni untuk kebutuhan atau untuk keinginan. Berikut penjelasan karakter keduanya:
KEBUTUHAN, kerajinan pada kategori ini sifatnya perlu, objektif dan cenderung mengikat. Dampak yang diinginkan mereka yang membelinya adalah manfaat nyata dalam keseharian. Adapun tolak ukuranya adalah FUNGSI.KEINGINAN, kerajinan pada kategori ini sifatnya subjektif dan tak harus diadakan. Dampak yang diinginkan mereka yang membelinya adalah kepuasan. Adapun tolak ukuranya adalah SELERA.» Pelajari Lebih LanjutMateri tentang apa yang dimaksud dengan kerajinan https://brainly.co.id/tugas/553308Materi tentang apa yang dimaksud dengan produk kerajinan https://brainly.co.id/tugas/354735Materi tentang jenis-jenis dan fungsi kerajinan https://brainly.co.id/tugas/582190• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •
» Detail Jawaban
Kelas : 3 SMA
Mapel : Prakarya dan Kewirausahaan
Bab : Ide dan Peluang Usaha dalam Bidang Kerajinan
Kode : -
#TingkatkanPrestasimu
13. Amati lingkungan anda suhu udara adat kebiasaan kegiatan dan lain lain kebutuhan apa saja yang dapat di penuhi oleh produk kerajinan identifikasi sebanyak banyaknya kebutuhan yang ada di pasar lokal
kipas dari anyaman bambu,capil,atap rumah dari daun jarak,syal rajut,sarung tangan dari benang wol,dll
14. Identifikasi produk kerajinan berdasarkan kebutuhan dan kerajinan pasar lokal !
Jawaban:
pendahuluan dalam pengertian sempit pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli
Penjelasan:
semoga membantu
15. sebutkan 10 identifikasi kebutuhan pasar lokal
1.kebutuhan= tempat gantungan baju
produk=lemari
sasaran pemasaran=peralatan rumah tangga
16. Sebutkan 10 contoh identifikasi kebutuhan pasar lokal
Sebutkan 10 contoh identifikasi kebutuhan pasar lokal!Jawaban Pendahuluan
Dalam pengertian sempit, Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi jual-beli barang atau jasa. Kebutuhan pasar lokal adalah permintaan dari pasar di suatu daerah tertentu. Identifikasi kebutuhan ini adalah
PembahasanContoh identifikasi kebutuhan pasar lokal adalah:
1. Berdasarkan kebutuhan pasar lokal : Tempat menyimpan bunga, maka produk yang bisa dibuat ialah vas bunga dengan sasaran pemasaran peralatan rumah tangga
2. Berdasarkan kebutuhan tempat menyimpan baju, maka produk: Lemari dengan sasaran pemasaran: peralatan rumah tangga
3. Berdasarkan kebutuhan alat/tempat untuk mematikan atau menghidupkan lampu, maka produknya adalah stop kontak dengan sasaran pemasaran dijual di toko bangunan
4. Berdasarkan kebutuhan tempat makan, maka produknya adalah plastik kotak makanan dengan sasaran pemasaran dijual di pasar
5. Berdasarkan kebutuhan makanan kucing, maka produknya adalah pakan kucing dengan sasaran pemasaran dijual di toko hewan
6. Berdasarkan kebutuhan alat tulis, maka produknya adalah pulpen, penggaris sasaran pemasaran dijual di toko alat kantor
7. Berdasarkan kebutuhan baju muslim di hari raya maka produknya adalah gamis yang sedang trend pada saat itu, dengan sasaran pemasaran dijual di toko pakaian tanah abang
8. Berdasarkan kebutuhan alat untuk mengambil sesuatu yang tinggi maka produknya adalah tangga portabel, dengan sasaran pemasaran dijual di toko bangunan
9. Berdasarkan kebutuhan alat/tempat untuk membersihkan lantai maka produknya adalah pel dengan tangkai yang bisa dilipat dengan sasaran pemasaran dijual di toko peralatan rumah tangga
10. Berdasarkan kebutuhan alat/tempat untuk membawa bawaan saat bepergian, maka produknya adalah koper dengan sasaran pemasaran dijual di toko tas
Kesimpulan
Identifikasi kebutuhan pasar lokal diatas penting untuk memetakan produk apa saja yang sesuai beserta apa sasaran pemasarannya
Pelajari lebih lanjut
1. Materi tentang identifikasi kebutuhan pasar lokal https://brainly.co.id/tugas/16944819
2. Materi tentang identifikasi kebutuhan pasar lokal https://brainly.co.id/tugas/16497849
3. Materi tentang kebutuhan pasar lokal yang bisa diamati https://brainly.co.id/tugas/17845511
-----------------------------
Detil JawabanKelas : 9
Mapel : wirausaha
Bab : identifikasi kebutuhan pasar lokal
Kata Kunci: identifikasi kebutuhan pasar lokal
17. Sebutkan 20 contoh identifikasi kebutuhan pasar lokal
9wjdnxkwoqiqhwmpd9cuehwmldocurbemwlco ichbc fmkoijjabnhhdkkw
18. contoh identifikasi kebutuhan pasar lokal
Jawaban:
1. Berdasarkan kebutuhan pasar lokal : Tempat menyimpan bunga, maka produk yang bisa dibuat ialah vas bunga dengan sasaran pemasaran peralatan rumah tangga
2. Berdasarkan kebutuhan tempat menyimpan baju, maka produk: Lemari dengan sasaran pemasaran: peralatan rumah tangga
3. Berdasarkan kebutuhan alat/tempat untuk mematikan atau menghidupkan lampu, maka produknya adalah stop kontak dengan sasaran pemasaran dijual di toko bangunan
4. Berdasarkan kebutuhan tempat makan, maka produknya adalah plastik kotak makanan dengan sasaran pemasaran dijual di pasar
5. Berdasarkan kebutuhan makanan kucing, maka produknya adalah pakan kucing dengan sasaran pemasaran dijual di toko hewan
6. Berdasarkan kebutuhan alat tulis, maka
produknya adalah pulpen, penggaris sasaran pemasaran dijual di toko alat kantor
7. Berdasarkan kebutuhan baju muslim di hari raya maka produknya adalah gamis yang
sedang trend pada saat itu, dengan sasaran
pemasaran dijual di toko pakaian tanah abang
8. Berdasarkan kebutuhan alat untuk mengambil sesuatu yang tinggi maka produknya adalah tangga portabel, dengan sasaran pemasaran dijual di toko bangunan
9. Berdasarkan kebutuhan alat/tempat untuk membersihkan lantai maka produknya adalah pel dengan tangkai yang bisa dilipat dengan sasaran pemasaran dijual di toko peralatan rumah tangga
10. Berdasarkan kebutuhan alat/tempat untuk membawa bawaan saat bepergian, maka produknya adalah koper dengan sasaran pemasaran dijual di toko tas
19. kebutuhan pasar lokal
Berikut adalah beberapa contoh dari kerajinan yang bisa kita buat berdasarkan kebutuhan pasar lokal:
Penyimpanan bunga: ide produk yang bisa kita buat adalah vas bunga dan pasar sasaran dari produk ini adalah rumah tangga.Tas belanja: ide produk yang bisa kita buat adalah tas rotan dan pasar sasaran dari produk ini adalah ibu-ibu yang berbelanja ke pasar.Bingkai foto: ide produk yang bisa kita buat adalah pigura dan pasar sasaran dari produk ini adalah rumah tangga.PembahasanKerajinan adalah salah satu bentuk dari karya seni rupa terapan yang dibuat dengan menggunakan keterampilan tangan dan juga keahlian tangan yang dimiliki oleh pengrajin. Kerajinan juga bisa menjadi salah satu produk yang kita jadikan sebagai produk untuk diperjualbelikan sehingga bisa mendatangkan keuntungan ekonomi. Untuk bisa menciptakan kerajinan yang tepat, kita harus mengetahui kebutuhan dan juga keinginan yang ada pada pasar. Setelah mengetahui keinginan dan juga kebutuhan yang ada pada pasar, kita bisa menciptakan kerajinan yang spesifik di mana para konsumen bisa menggunakan kerajinan tersebut untuk memenuhi kebutuhan dan juga keinginan hidupnya. Selain itu, desain dari kerajinan juga harus kita sesuaikan dengan pasar sasaran yang kita ingin incar dari perusahaan kita.
Pelajari lebih lanjutMateri tentang contoh budaya benda dan non benda https://brainly.co.id/tugas/11453463Materi tentang administrasi usaha kerajinan https://brainly.co.id/tugas/42007821Materi tentang penyusunan usaha kerajinan https://brainly.co.id/tugas/16019579Detail jawabanKelas: 7
Mapel: Wirausaha
Bab: -
Kode: 7.23
#AyoBelajar #SPJ2
20. identifikasi pasar lokal minimal 10
pasar malangnbong
pasar lewo
pasar limbangan
pasar ciawi
pasar wado
pasas ciamis
pasar karang anyar
pasar pasar baru
pasar minggu
pasar senin
pasar rabu
0 Komentar