Contoh Seni Rupa Modern


Contoh Seni Rupa Modern

contoh dari seni rupa pra modern modern dan seni rupa postmodern​

1. contoh dari seni rupa pra modern modern dan seni rupa postmodern​


Jawaban:

pra modern : seni lukis primitivisme

post modern : Secara umum, gerakan seperti intermedia , seni instalasi , seni konseptual , dan multimedia , khususnya yang melibatkan video digambarkan sebagai postmodern


2. pengertian seni dan seni rupa ? contoh karya seni rupa pra modern, modern dan post modern !


seni rupa merupakan cabang seni yg memperlihatkan bentuknya melalui garis,warna,tekstur,ruang,serta cahaya terang gelap
#maap bisa bantunya sgitu doang

3. contoh seni rupa modern dan seni rupa terapan


Contoh
Seni rupa modern: Photo digital, gravity, vector
Seni rupa terapan: Meja,kursi,tas,baju,sepeda,dll(yg memiliki fungsi)

4. contoh karya seni rupa pra modern modern dan postmodern


patung lukisan seni rumah

5. sebutkan 10 contoh seni rupa modern​


Jawaban:

patung

lukisan

relief

keramik

ukiran

topeng

gantungan kunci

fotografi

mozaik

kaligrafi


6. Contoh simbol karya seni rupa modern adalah..


seni instalasi, body painting, lukisan wayang pasir, patung pasir

7. 5 contoh seni rupa modern dan seni rupa kontemporer yang ada di indonesia


Seiring perkembangan jaman di Indonesia, jenis karya dalam seni rupa juga mengalami perubahan. Seni rupa tersebut terdiri dari seni rupa modern dan seni rupa kontemporer. Berikut di bawah ini masing-masing 5 contoh dari seni rupa modern dan seni rupa kontemporer.

Contoh seni rupa modern:

Lukisan Afandi yang menampilkan sosok pengemis.Lukisan Raden Saleh yang berjudul Badai.Karya lukisan Kartono Yudhokusumo yang berjudul Melukis di Taman.Lukisan Mooi Indie atau Hindia Molek.Lukisan Achmad Sadali yang berjudul Gunung Emas.

Contoh seni rupa kontemporer:

FuturismArt & carftArt NouveauConstructivismArt Deco

Pembahasan

Seni modern adalah kebangkitan artistik paling produktif dalam sejarah seni rupa yang berkembang pada akhir abad kesembilan belas dan awal abad kedua puluh. Selama tahun-tahun ini muncul sejumlah gerakan dengan kecenderungan yang kurang lebih terstruktur dan bersifat internasional.

Tujuan seni rupa modern, baik tradisi akademik maupun tradisi yang kompleks, adalah untuk menciptakan seni baru, muda, bebas, dan avant-garde yang mendobrak gaya dominan  saat itu,  dan  upaya untuk menciptakannya membuahkan hasil. Pada saat yang sama, fitur-fitur baru  dari Revolusi Industri dimasukkan ke dalam material seperti baja dan kaca. Seni  modern terkadang dikacaukan dengan seni kontemporer, tetapi keduanya tidak terkait.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian seni rupa modern https://brainly.co.id/tugas/1032169Materi tentang definisi seni rupa modern https://brainly.co.id/tugas/12501632Materi tentang yang dimaksud seni rupa kontemporer https://brainly.co.id/tugas/7189261

Detail Jawaban

Kelas: SMP

Mapel: Seni

Bab: Bab 1 - Seni Lukis

Kode: 9.19.1

#AyoBelajar #SPJ2


8. Seni rupa modern contoh dan penjelasanya


Jawaban:

Seni rupa modern adalah,

Salah satu seni rupa yang diciptakan dengan sejumlah ide serta wujud yang tidak ada batasannya pada budaya maupun ciri khas daerah.

contoh seni rupa modern : lukisan affandi koesoema , lukisan raden saleh , lukisan kartono yhudokusumo , lukisan Lukisan Mooi Indie atau Hindia Molek dan lukisan ahmad sadali.

Penjelasan:

Semoga membantu dan semangat ya kak belajarnya


9. ^.contoh dan penjelasan karya seni rupa modern


Seni rupa modern adalah seni rupa yang tidak terbatas pada kebudayaan suatu adat atau daerah, namun tetap berdasarkan sebuah filosofi dan aliran-aliran seni rupa.
contohnya Lukisan-lukisan karya Raden Saleh Syarif Bustaman, Basuki Abdullah, dan pelukis era modern lainnya.

10. Seni Rupa Modern ( 10 contoh )


Pengertian umum, seni adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang lain. Istilah seni berasal dari kata sanskerta dari kata sani yang diartikan pemujaan, persembahan dan pelayanan yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian.Pengertian seni menurut para ahli atau khusus adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.

Contoh Seni Rupa Modern :

PatungLukisanReliefKeramikUkiranTopengGantungan KunciFotografiMozaikKaligrafi

Pembahasan

Pengertian Seni Rupa adalah suatu cabang seni yang menghasilkan karya seni dimana bentuk dan kualitasnya dapat dirasakan oleh indera manusia, khususnya indera penglihatan dan indera peraba.

Contoh karya seni rupa murni adalah lukisan, patung, tapestri, atau karya seni rupa lain yang diniatkan semata sebagai ekspresi rasa estetis. Jenis karya seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang dibuat dengan maksud utama untuk memenuhi fungsi atau kegunaan yang bersifat praktis.

Jika dilihat dari fungsinya, ada dua jenis seni rupa, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Sementara itu, jika ditinjau dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa juga terbagi dua, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Pelajari Lebih LanjutMateri tentang seni rupa dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/532569Materi tentang maksud seni rupa dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/7040431Materi tentang jenis seni rupa dapat disimak pada link brainly.co.id/tugas/532569

Detail Jawaban

Kelas : X

Mapel : seni rupa

Kategori : pengertian dan jenis seni rupa

Kode : -

#AyoBelajar

#SPJ2


11. Sebutkan contoh seni rupa modern


Jawaban:

ada 6 contoh seni rupa modern

yaitu :

1.patung

2.lukisan

3.relief

4.keramik

5.ukiran

6.topeng

setau aku si itu... maaf jika salah

dan jika bnr jadikan jawaban yang terbaik

Jawaban:

patung

lukisan

relief

keramik

ukiran

topeng

gantungan kunci

fotografi

mozaik

kaligrafi

Penjelasan:

KEEP FIGHTING


12. contoh seni rupa 3 dimensi modern


Patung, bangunan, baju, ukiran & pahatan

Jawaban:

Seni modern merupakan karya seni yang dihasilkan dalam periode terentang antara 1860-an sampai 1970-an dengan menggunakan gaya dan filosofi seni yang dihasilkan pada masa itu

Contohnya:Seperti Lukisan


14. Perbedaan seni rupa kriya modern dan seni rupa kriya tradional beserta contohnya


1.SENI RUPA TRADISIONAL
Pengertian
Seni tradisional adalah unsur kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum/puak/suku/bangsa tertentu. Seni tradisional yang ada di suatu daerah berbeda dengan yang ada di daerah lain, meski pun tidak menutup kemungkinan adanya seni tradisional yang mirip antara dua daerah yang berdekatan.
Ciri-ciri
*Penciptaannya selalu berdasarkan pada filosofi sebuah aktivitas dalam suatu budaya, bisa berupa aktivitas religius maupun seremonial/istanasentris.*Terikat dengan pakem-pakem tertentu.
Contoh
Wayang kulit, wayang golek, wayang beber, ornamen pada rumah-rumah tradisional di tiap daerah, batik, songket, dan lain-lain.
1.SENI RUPA MODERN
Pengertian
Seni rupa modern adalah seni rupa yang tidak terbatas pada kebudayaan suatu adat atau daerah, namun tetap berdasarkan sebuah filosofi dan aliran-aliran seni rupa.
Ciri-ciri
*Konsep penciptaannya tetap berbasis pada sebuah filosofi , tetapi jangkauan penjabaran visualisasinya tidak terbatas.*Tidak terikat pada pakem-pakem tertentu.
Contoh
Lukisan-lukisan karya Raden Saleh Syarif Bustaman, Basuki Abdullah, Affandi, S.Soedjojono dan pelukis era modern lainnya.

15. contoh dan penjelasan karya seni rupa modern


penjelasan :  sebagai seni rupa diciptakan dengan ide dan wujud yang tidak terbatas pada budaya atau pakem-pakem suatu daerah. Seni rupa modern adalah hasil karya seni rupa yang tercipta dari kreativitas dan inovasi. Karya-karya dalam seni rupa modern menekankan beberapa unsur yang antara lain unsur eksperimen, pembaruan, kebaruan, dan orisinalitas. Kendati diciptakan dengan ide dan wujud yang tidak terbatas pada pakem tertentu, seni rupa modern tetap mengandung filosofi dan disesuaikan dengan aliran-aliran seni rupa yang ada.


Contoh seni rupa modern dapat kita temukan pada lukisan-lukisan karya beberapa seniman tanah air seperti Raden Saleh, Abdulah Sr, Syarif Bustaman, Pirngadi, Wakidi, Basuki Abdullah, Wahid Somantri, S. Sujoyono, Agus Jaya Suminta, Ramli, Otto Jaya S, Tutur, Abdul Salam, dan Emira Sunarsa.






16. contoh dan penjelasan karya seni rupa modern


Seni rupa modern adalah hasil karya seni rupa yang tercipta dari kreativitas dan inovasi. Karya-karya dalam seni rupa modern menekankan beberapa unsur yangantara lain unsur eksperimen, pembaruan, kebaruan, dan orisinalitas.
Contoh seni rupa modern dapat kita temukan pada lukisan-lukisankarya beberapa seniman tanah air seperti Raden Saleh, Abdulah Sr, Syarif Bustaman, Pirngadi, Wakidi, Basuki Abdullah, Wahid Somantri, S. Sujoyono, Agus Jaya Suminta, Ramli, Otto Jaya S, Tutur, Abdul Salam, dan Emira Sunarsa.

17. sebutkan 5 contoh seni rupa pramodern dan seni rupa modern!​


Pramodern

1. Primitivisme

2. Aliran Naturalisme

3. Aliran Realisme

4. Aliran Dekorativisme

maaf kalau salah:)

Jawaban:

Berikut adalah contoh-contoh seni rupa pramodern :

1. Aliran Primitivisme

Primitivisme merupakan corak karya seni rupa yang memilik beberapa sifat diantaranya bersahaja, sederhana, naif, jujur, spontan, baik dari segi penggarapan bentuk maupun pewarnaannya.

2. Aliran Naturalisme

Naturalisme merupakan corak karya seni rupa dengan teknik pelukisannya yang berpedoman pada peniruan alam untuk menghasilkan karya seni.

3. Aliran Realisme

Aliran seni rupa ini merupakan perkembangan lebih lanjut dari aliran naturalisme.

4. Aliran Dekorativisme

Karya seni rupa dekoratif senantiasa berhubungan dengan hasrat untuk menyederhanakan bentuk dengan jalan mengadakan distorsi.

Berikut contoh dari seni rupa modern yang terkenal dengan beberapa lukisan. Diantara sejumlah contoh karya seni berupa lukisan diantaranya adalah :

1. Lukisan AffandiKoesoema

Lukisan Affandi ini memang cukup terkenal yang menampilkan sosok pengemis yang merupakan sebuah pencapaian gaya pribadi yang cukup kuat.

2. Lukisan Raden Saleh

Lukisan ini diberi judul yaitu badai yang merupakan sebuah ungkapan khas.

3. Lukisan KartonoYudhokusumo

Karya lukisan ini diberi judul Melukis di Taman yang memiliki corak cukup dekoratif bahkan mampu menggambarkan jiwa lukisan tersebut.

Jadi, itulah beberapa contoh dan penjelasan seni rupa pramodern dan seni rupa modern.

Semoga membantu:))


18. contoh seni rupa modern​


Jawaban:

lukisan Affandi Koesoema

lukisan Raden saleh

lukisan Ahmat sadali

lukisan kertonon yhudokusumo

lukisan mooi lndie atau Hindia molek

Penjelasan:

maaf jika salah

semoga membantu

Jawaban:

1.LukisanAffandiKoesoema

2.LukisanRadenSaleh

3.LukisanKartonoYhudokusomo

4.LukisanMooi Indie atauIndiaMolek

5.LukisanAhmadSadali


19. contoh seni rupa modern dan kontenporer


Seni rupa modern:
Lukisan-lukisan karya Raden Saleh Syarif Bustaman dan Basuki Abdullah.

Seni rupa kontemporer:
Bauhauss,De stijl,Art Deco,Craft,dan futurism.

20. contoh dan penjelasan karya seni rupa modern


karya seni modern adalah sebuah karya dimana kita bebas berekspresi dengan corak yang disukai dengan mengembangkan berbagai unsur nusantara.
contoh : tari kreasi dll

Video Terkait


Posting Komentar

0 Komentar