Selain Tarif Salah Satu Kebijakan Lain Yang Dapat Menghambat Arus Perdagangan Dunia Adalah

Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah.....

Daftar Isi

1. Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah.....


Jawaban:

A. Perbedaan Mata Uang Antarnegara

Mata uang yang berlaku di setiap negara berbeda – beda. Negara yang melakukan kegiatan ekspor, biasanya meminta kepada negara pengimpor untuk membayar dengan menggunakan mata uang negara pengekspor. Pembayarannya tentunya akan berkaitan dengan nilai uang itu sendiri. Padahal nilai uang setiap negara berbeda-beda. Apabila nilai mata uang negara pengekspor lebih tinggi daripada nilai mata uang negara pengimpor, maka dapat menambah pengeluaran bagi negara pengimpor. Dengan demikian, agar kedua negara diuntungkan dan lebih mudah proses perdagangannya perlu adanya penetapan mata uang sebagai standar internasional.

b . Kualitas Sumber Daya yang Rendah

Rendahnya kualitas tenaga kerja dapat menghambat perdagangan internasional karena jika sumber daya manusianya rendah, maka kualitas dari hasil produksi(produk) akan rendah pula. Suatu negara yang memiliki kualitas produk rendah akan sulit bersaing dengan barang – barang yang dihasilkan oleh negara lain yang kualitasnya lebih baik. Hal ini tentunya menjadi penghambat bagi negara yang bersangkutan untuk melakukan perdagangan internasional.

c . Pembayaran Antarnegara Sulit dan Risikonya Besar

Pada saat melakukan kegiatan perdagangan internasional, negara pengimpor akan mengalami kesulitan dalam hal pembayaran. Apabila pembayarnya dilakukan secara tunai maka negara pengimpor akan mengalami kesulitan dan resiko yang tinggi, seperti perampokan. Oleh karena itu, negara pengekspor tidak mau menerima pembayaran secara tunai tetapi melalui kliring internasional atau telegraphic transfer atau menggunakan L/C.

d . Adanya Kebijaksanaan Impor dari Suatu Negara

Setiap negara tentunya akan selalu melindungi hasil produksinya sendiri. Mereka tidak ingin hasil produksinya tersaingi oleh hasil peoduksi dari luar negeri. Oleh karena itu, setiap negara akan memberlakukan kebijakan untuk melindungi barang-barang dalam negeri. Salah satunya dengan menetapkan tarif impor.

Apabila tarif impor tinggi maka produk impor tersebut akan menjadi lebih mahal daripada peoduk dalam negeri sehingga mengakibatkan masyarakat menjadi kurang tertarik untuk membeli produk impor. Hal itu akan menjadi penghambat bagi negara lain untuk melakukan perdagangan.

e . Terjadinya Perang

Terjadinya perang dapat menyebabkan hubungan antarnegara terputus. Selain itu, kondisi perekonomian negara yang sedang berperang tersebut juga akan mengalami kelesuan. Hal ini dapat menyebabkan perdagangan antarnegara akan terhambat.


2. Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah...


Soal :

Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah

Jawaban:

Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalahsubsidi kepada produsen yang memproduksi substitusi impor

Penjelasan:

#SemogaMembantu

#MaafKaloSalah

Jawaban:

1.perbedaan mata uang , 2kualitas sumber daya yg rendah  .3 terjadinya perang

Penjelasan:

1 pebedaan mata uang inilah yang dapat menghambat perdagangan anatar negara

2.karena jika sumber daya manusia rendah ,maka kualitas dari hasil produksi akan rendah pula

3.terjadinya dapat menyebabkan hubungan antar negara terputus .selain itu juga kondisi perekonomian negara tersebut juga akan mengalami keleseua


3. Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah:


Jawaban:

selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah DUMPING.

maaf bila salah thx


4. selain tarif, salah satu kebijakan lain yg dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah


Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah subsidi kepada produsen yang memproduksi substitusi impor.

Pelajari juga tentang pengertian perdagangan internasional, baca di https://brainly.co.id/tugas/1525915

Pembahasan

Perdagangan antar negara adalah perdagangan yang dilakukan oleh dua/lebih negara berdasarkan suatu kesepakatan bersama. Di dalam perdagangan antar negara (perdagangan internasional) memiliki faktor penghambat dan faktor pendorong.

Pelajari juga tentang faktor pendorong perdagangan internasional, baca di https://brainly.co.id/tugas/5661178

Faktor penghambat perdagangan internasional menyangkut harga barang luar negeri lebih murah dari hasil produksi dalam negeri, bea masuk yang tinggi, adanya proteksi, adanya kuota, adanya peraturan, dumping, pertentangan politik, dan peperangan.

Pelajari juga tentang contoh perdagangan internasional, baca di https://brainly.co.id/tugas/4018004  

Detail Jawaban

Kelas          : IX

Mapel         : Ilmu Pengetahuan Sosial

Bab            : Bab 3 - Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Kode          : 9.10.3


5. Kebijakan mengekspor menjual barang dinegri dengan harga yang lebih murah daripada dalam negri merupakan salah satu hambatan dalam perdagangan internasional yaitu A. Proteksi B. Kuota C. Tarif D. Dumping


Jawaban:

c.tarif

Penjelasan:

karena hambatan tersebut berkaitan dengan tarif/harga


6. Bagaimana pendapat saudara tentang kebijakan hambatan perdagangan baik yang tarif barrier maupun non tarif barrier.


Jawaban:

Hambatan tarif:

Berupa pajak atau bea. Itu menjadi sumber pendapatan bagi pemerintah.

Meningkatkan biaya barang impor. Akibatnya, harga barang naik ketika masuk ke pasar domestik dan membuatnya tidak kompetitif.

Dilakukan oleh negara importir.

Lebih sederhana. Prosesnya biasanya tidak melibatkan administrasi yang kompleks.

Tidak menyumbang keuntungan bagi perusahaan. Meski harga lebih tinggi, namun itu merupakan pajak dan menjadi pendapatan pemerintah.

Hambatan non tarif:

Berupa aspek non pajak. Itu mungkin berupa pembatasan volume, persyaratan standar produk, dan pemberian lisensi. Karena tidak memungut pajak atau bea atas produk, itu tidak menghasilkan pendapatan bagi pemerintah.

Mempengaruhi volume perdagangan. Terkadang, itu juga mempengaruhi harga barang impor secara tidak langsung. Misalnya, kuota impor lebih rendah mengurangi pasokan dan menaikkan harga di pasar domestik.

Dapat dikenakan oleh negara eksportir maupun negara importir. Misalnya, dalam kasus pengekangan ekspor sukarela, negara pengekspor setuju untuk membatasi pengiriman barang ke negara mitra.

Lebih kompleks. Beberapa membutuhkan administrasi yang kompleks dan koordinasi di antara lebih banyak pejabat.

Berkontribusi bagi keuntungan importir. Misalnya, dalam kasus kuota, perusahaan menangkap keuntungan dari kenaikan harga akibat berkurangnya volume pasokan.

Penjelasan:

semoga bermanfaat


7. Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah .....


Jawaban:

kebijakan lockdown di dunia perdagangan

Penjelasan:

Jika kebijakan ini di lakukan, maka ekonomi akan semakin krisis.selain itu juga mempercepat pertumbuhan serta penyebaran virus covid-19 yang di sebabkan dari sistem imun yang tidak seimbang akibat dari kebijakan tersebut.


8. Organisasi perdagangan bebas yang bertujuan meningkatkan arus perdagangan dunia melalui penentuan kebijakan tarif adalah ....


Jawaban:

WTO

Penjelasan:

Dilansir Encyclopedia Britannica, " organisasi perdagangan bebas yang bertujuan meningkatkan arus perdagangan dunia melalui penentuan kebijakan tarif adalah WTO "


9. kebijakan yang menghendaki kegiatan perdagangan internasional berlangsung tanpa adanya hambatan apapun disebut ....pilih salah satu:a. kebijakan perdagangan bebasb. kebijakan perdagangan internasionalc. kebijakan proteksid. kebijakan tarife. kebijakan globaltolong dijawab kk, butuh bgt mksh ya​


Jawaban

a. kebijakan perdagangan bebas

Penjelasan lebih lanjut

Kebijakan perdagangan bebas merupakan kebijakan pemerintah yang menghendaki agar perdagangan internasional dapat berjalan tanpa hambatan.


10. Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah....


Jawaban:

1.perbedaan mata uang antar negara

2.kualitas sumber daya yg rendah

3.pembyaran antar negara sulit dan risikonya besar

4.adanya kebijakan impor dari suatu negara

5.terjadinya perang


11. kebijakan pemberlakuan tarif impor yang tinggi dapat menghambat perdagangan internasional karena dapat mengakibatkan​


Jawaban:

produk impor yang masuk jumlah dan jenisnya terbatas

Penjelasan:

maaf kalo salah


12. Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah : A. peningkatan produksi domestik B. subsidi kepada produsen yang memproduksi substitusi impor C. peningkatan investasi dari dalam negeri maupun luar negeri D. menggiatkan perdagangan internasional E. peningkatan upah tenaga kerja


Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah subsidi kepada produsen yang memproduksi substitusi impor

A. peningkatan produksi domestik

B. subsidi kepada produsen yang memproduksi substitusi impor

C. peningkatan investasi dari dalam negeri maupun luar negeri

D. menggiatkan perdagangan internasional

E. peningkatan upah tenaga kerja

Pembahasan

Subsidi yang diberikan oleh pemerintah untuk produsen yang memproduksi barang pengganti impor dapat mengurangi jumlah barang impor yang masuk ke sebuah negara, Nilai impor yang terlalu tinggin dari nilai ekspor dapat membuat neraca perdagangan menjadi defisit.

Kebijakan dalam mengurangi impor bukanlah kebijakan perdagangan internasional, akan tetapi himbauan yang diberikan pemerintah agar tidak terjadi defisit pada nilai ekspor, karena semakin besar nilai ekspor yang kita bukukan maka akan semakin banyak devisa yang masuk kenegara begitu juga sebaliknya.

Cara pemerintah untuk mengurangi nilai impor yaitu dengan vcara memberlakukan tarif impor, kuota serta birokrasi, semakin sulit birokrasi yang ditetapkan oleh pemerintah maka akan semakin malas para importir untuk melakukan impor, karena mereka juga tentu mempertimbangkan keuntungan yang akan mereka peroleh dari hasil impor yang mereka lakukan.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang kebijakan pemerintah dalam perdagangan internasional brainly.co.id/tugas/5441653

2. Materi tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian brainly.co.id/tugas/4833910

3. Materi tentang kebijakan pemerintah mendorong ekspor brainly.co.id/tugas/13871728

------------------------------------

Detil Jawaban

Kelas : IX (3 SMP)

Mapel : IPS

Bab : Perdagangan Internasional

Kode : 9.10.7

Kata Kunci : Impor, Kebijakan.


13. Organisasi perdagangan bebas yang bertujuan meningkatkan arus perdagangan dunia melalui penentuan kebijakan tarif adalah...


Mapel : IPS
Tingkat : SMP

Jawab :

Organisasi perdagangan bebas yang bertujuan meningkatkan arus perdagangan dunia melalui penentuan kebijakan tarif adalah Asia Pacific Economic Corporation (APEC). Organisasi ini dilatarbelakangi dengan perubahan di Uni Soviet dan Eropa Timur. Organisasi APEC diprakarsai perdana menteri Australia Bob Hawke ketika berpidato di Seoul tahun 1989

Semoga MembantuOrganisasi perdagangan bebas yang bertujuan untuk meningkatkan arus perdagangan dunia melalui penentuan kebijakan tarif adalah APEC ( Asia Pacific Economic Cooperation ).

______________________

PEMBAHASAN

Organisasi perdagangan bebas yang bertujuan untuk meningkatkan arus perdagangan dunia melalui penentuan kebijakan tarif adalah APEC ( Asia Pacific Economic Cooperation ).

» APEC adalah singkatan dari Asia-Pacific Economic Cooperation atau Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik. APEC didirikan pada tahun 1989. APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara diAsia Pasifik.. Pembentukan organisasi ini dikarenakan situasi kawasan asia-pasifik yang tidak menentu akibat perkembangan situasi politik dan ekonomi dunia karena pengaruh perang dingin.

______________________

Simak lebih lanjut di Brainly

https://brainly.co.id/tugas/9177399

______________________

#[tex]eager \: to \: learn[/tex]

14. Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah......


Jawaban:

Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah subsidi kepada produsen yang memproduksi substitusi impor

Penjelasan:

Salah satu kebijakan yang sering digunakan oleh pemerintah untuk melindungi produsen dalam negeri dalam perdagangan internasional adalah tarif dan kuota. Kebijakan ini merupakan kebijakan proteksi, agar pasar domestik tidak dibanjiri oleh produk impor, dan juga produsen dalam negeri tidak mati.

Pelajari lebih lanjut materi tentang kebijakan pemerintah mendorong ekspor brainly.co.id/tugas/13871728

#BelajarBersamaBrainly


15. Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah


Selain tarif, salah satu kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah...

Dalam kegiatan perdagangan internasional (antar-negara) sering kali suatu negara mengalami hambatan. Apa saja yang dapat menghambat arus perdagangan dunia?

Mari simak pembahasan di bawah ini:

a. Perbedaan Mata Uang Antarnegara

Mata uang yang berlaku di setiap negara berbeda-beda. Agar kedua negara diuntungkan dalam hal ekspor-impor dan lebih mudah proses perdagangannya perlu adanya penetapan mata uang sebagai standar internasional.

b. Kualitas Sumber Daya yang Rendah

Rendahnya kualitas tenaga kerja atau sumber daya dapat menghambat perdagangan internasional karena jika sumber daya manusianya rendah, maka kualitas dari hasil produksi (produk) akan rendah juga. Hal ini tentunya menjadi penghambat bagi negara yang bersangkutan untuk melakukan perdagangan internasional.

c. Adanya Kebijaksanaan Impor dari Suatu Negara

Menetapkan tarif impor untuk melindungi barang-barang dalam negri agar hasil produksi dalam negri tidak tersaingi oleh hasil produksi dari luar negri.

d. Terjadinya Perang

Terjadinya perang dapat menyebabkan hubungan antar negara terputus. Selain itu, kondisi perekonomian negara yang sedang berperang tersebut juga akan mengalami kelesuan.

e. Kuota impor dibatasi untuk membatasi jumlah barang tersebut di pasaran dan menaikkan harga produknya.


Semoga jawaban ini bisa membantu. Kalian juga bisa mempelajari bab lain yang berkaitan dengan pertanyaan ini.

Pelajari lebih lanjut  

1.  10 Organisasi perdagangan internasional brainly.co.id/tugas/2226866

2. Perwujudan perdagangan internasional brainly.co.id/tugas/9999869

-----------------------------

Detil jawaban

Kelas:  9

Mapel:  IPS

Bab:  Bab 7 - Perdagangan Internasional

Kode:  9.10.7

Kata Kunci:  perdagangan internasional


16. Kebijakan tarif dalam perdagangan internasional yaitu suatu kebijakan tarif dalam perdagangan internasional yaitu suatu ​


Penjelasan:

Sesuai dengan namanya, kebijakan tarif adalah penerapan tarif yang tinggi untuk impor barang-barang tertentu. Kebijakan tarif ini diharapkan bisa membantu barang produksi dalam negeri meningkatkan daya saingnya di pasar. Sehingga, konsumen tidak hanya membeli barang impor saja


17. ORGANISASI PERDAGANGAN BEBAS YG BERTUJUAN MENINGKATKAN ARUS PERDAGANGAN DUNIA MELALUI PENENTUAN KEBIJAKAN TARIF ADALAH.....A. APECB. WTO(gaboleh search ke g*ogle)​


Jawaban:

A. APEC

Penjelasan:

semoga bermanfat


18. Kebijakan pemberlakuan tarif impor yang tinggi dapat menghambat perdagangan internasional karena dapat mengakibatkan ....​


Jawaban:

Alasan kebijakan impor dari suatu negara menjadi hambatan perdagangan internasional adalah ketika suatu negara memiliki kebijakan pembatasan jumlah barang yang diimpor, maka hal tersebut akan membuat negara pengekspor akan kehilangan peluangnya dalam mendapatkan keuntungan, serta biaya pajak ekspor impor yang tinggi dan perijinan yang sulit akan memperlambat dan mempersulit proses perdagangan itu sendiri. Penjelasan lebih lanjut akan kakak jabarkan di bawah ini ya adik-adik… Stay tuned!

Halo Squad!!! Balik lagi di Brainly. Sekarang kakak akan kembali menjawab pertanyaan dari adik-adik. Nah, untuk kali ini kita akan membahas tentang “hambatan perdagangan internasional”. Okay, without further ado. Let’s get started!!

Pembahasan

Perdagangan internasional adalah kegiatan ekonomi antar negara yang dilakukan dengan cara pertukaran barang atau jasa. Pertukaran dilakukan atas dasar saling percaya dan saling menguntungkan satu sama lain. Pertukaran barang dan jasa antar wilayah atau negara disebabkan oleh beberapa perbedaan, seperti hasil sumber daya alam, kesuburan tanah, sumber daya manusia, perbedaan selera, teknologi, iklim, perbedaan biaya produksi, sarana transportasi. Hal ini biasanya terjadi dalam perdagangan internasional yang melibatkan dua negara.  

Namun dalam kegiatan perdagangan internasional terdapat beberapa hambatan, diantaranya adalah adanya kebijakan ekonomi suatu negara. Maksudnya adalah setiap negara memiliki kebijakannya sendiri-sendiri dalam perekonomian negaranya. Salah satu hal yang menghambat perdagangan internasional adalah adanya kebijakan impor, yaitu :

1. Pembatasan jumlah barang yang diimpor.

2. Biaya pajak ekspor impor.

3. Perijinan barang yang diimpor.

Ketiga hal diatas dapat menghambat perdagangan internasional karena membuat pengekspor kehilangan peluang untuk memperoleh keuntungannya. Serta proses perijinan dan biaya pajak yang tinggi akan memperlambat dan mempersulit proses perdagangan internasional itu sendiri.

Penjelasan:


19. Salah satu dampak dari hambatan perdagangan dalam bentuk tarif adalah


tarif impor, tarif ekspor dan bea cukai

20. bagaimana pendapat saudara tentang kebijakan hambatan hambatan perdagangan baik yang tarif barrier maupun non tarif barrier kaitannya dengan kemakmuran rakyat


Jawaban:

Dalam praktek perdagangan internasional antar negara tidak seterusnya berjalan lancar

Namun dalam kegiatan perdagangan sering kali suatu negara mengalami hambatan

Sehingga membuat proses perdagangan internasional antara negara menjadi terhambat. Ada juga yang prosesnya mengalami kegagalan.


Video Terkait